Geely baru saja memperkenalkan pickup hybrid super yang dinamai Radar. Kendaraan ini menawarkan jangkauan mengemudi kombinasi lebih dari 1000 kilometer, sekaligus mengintegrasikan arsitektur hybrid ke segmen yang umumnya didominasi mesin pembakaran internal.
Radar dikembangkan di atas platform M.A.P. dan mengusung sistem hybrid Thor EM dari Geely. Sistem ini memungkinkan konfigurasi listrik murni maupun plug-in hybrid. Jantung pacunya adalah transmisi hybrid khusus 3-kecepatan (3DHT) pertama di industri yang dirancang untuk pickup, memberikan transisi mulus di berbagai mode mengemudi dengan efisiensi optimal.
Sistem hybrid ini telah melalui validasi ekstensif dan memperoleh sertifikasi keandalan sistem hybrid S-grade di Tiongkok. Proses validasi meliputi lebih dari 1.000 uji bangku powertrain, 400.000 jam pengujian operasional, dan 40 juta kilometer pengujian daya tahan.
Pickup ini dilengkapi mesin 1.5T di bagian depan yang terintegrasi dengan transmisi 3DHT. Menurut Geely, konfigurasi ini menjamin performa responsif di berbagai kondisi, termasuk tanjakan tinggi dan medan off-road yang menantang. Pickup ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,5 detik, dengan transmisi tiga kecepatan yang dioptimalkan untuk performa dan efisiensi bahan bakar, terutama saat berkendara kecepatan tinggi.
Dari segi efisiensi, sistem hybrid ini menggabungkan sumber daya bensin dan listrik, mengoptimalkan penggunaan energi di berbagai kondisi mengemudi. Sistem ini mencapai efisiensi termal 44,26%, salah satu yang tertinggi di kelasnya, dan dilengkapi teknologi manajemen energi cerdas. Hasilnya, konsumsi bahan bakar berkurang 21% dibandingkan pickup bensin konvensional.
Radar juga mengintegrasikan platform energi Omni Stack dan sistem IoT Shuttle. Omni Stack menyediakan fitur penyimpanan, pasokan, dan output energi, memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber daya bergerak. Sementara itu, Shuttle menghubungkan pickup dengan drone dan ekosistem cloud untuk operasi jarak jauh dan manajemen data yang lebih baik.
Untuk keamanan operasional, kendaraan ini menggunakan arsitektur redundansi motor ganda, memastikan kemampuan berkendara tetap terjaga meski salah satu motor mengalami kegagalan.
Stabilitas struktural dan keandalan performa sistem hybrid telah divalidasi melalui pengujian ketat dalam kondisi ekstrem, termasuk operasi kecepatan tinggi berkelanjutan, lingkungan dataran tinggi, dan suhu di bawah nol.
Lebih jauh, Radar menawarkan konfigurasi yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan operasional sektor keamanan publik, infrastruktur, dan energi. Varian khusus ini memanfaatkan powertrain hybrid, kemampuan energi bergerak, dan integrasi IoT untuk mendukung berbagai aplikasi profesional, mulai dari pengerahan cepat dalam tanggap darurat hingga penyediaan daya peralatan di lokasi infrastruktur terpencil.
Dengan inovasi tersebut, Geely berupaya mendefinisikan ulang segmen pickup melalui integrasi teknologi hybrid canggih dan fitur-fitur yang menjawab kebutuhan pengguna modern.