
- 4 hari lalu
Indosat dorong konservasi dan pemberdayaan lewat program Jaga Raya berbasis teknologi IoT bersama lima perguruan tinggi.
PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (IDX: EXCL) resmi beroperasi sebagai entitas telekomunikasi baru hasil penggabungan PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Perusahaan ini akan fokus memperluas konektivitas dan meningkatkan layanan digital di Indonesia, terutama wilayah barat.
Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi, menyampaikan hal ini dalam konferensi pers yang digelar di Medan pada 8 Mei 2025. Ia menekankan pentingnya wilayah West Region yang mencakup seluruh Pulau Sumatera hingga Lampung, sebagai jalur strategis nasional dengan kebutuhan konektivitas yang terus meningkat.
XLSMART menggabungkan kekuatan infrastruktur XL Axiata dan Smartfren untuk mempercepat pembangunan jaringan, termasuk peningkatan teknologi 4G dan sistem otomasi. Perluasan jaringan Smartfren kini telah mencakup 153 kota di Indonesia dengan peningkatan jumlah BTS hingga 300%.
“XLSMART kini menempati peringkat strong #2 di wilayah West Region, menunjukkan daya saing yang semakin kuat dalam industri telekomunikasi nasional,” ujar Rajeev.
Penguatan infrastruktur backbone mobile dan fiber optic juga dilakukan untuk mendukung layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) dan Fixed Broadband (FBB), baik di kota besar maupun wilayah pedesaan.
Strategi multibrand tetap dipertahankan dengan menghadirkan XL, AXIS, dan Smartfren untuk menjangkau segmen pasar yang beragam. XLSMART juga meluncurkan produk unggulan UNLIMITED Suka-Suka dengan berbagai pilihan paket mulai dari Rp1.600 per hari.
“Produk ini menjadi bagian dari komitmen Smartfren dalam mendukung Pertumbuhan Digital 100% untuk Indonesia Maju, dengan menyokong produktivitas pelajar, pekerja, pelaku usaha, dan masyarakat umum, sekaligus mendorong penguatan ekonomi kreatif, karena bersama, kita bisa melaju tanpa batas,” jelas Rajeev.
XLSMART juga terus memperkuat pengalaman pelanggan melalui layanan digital seperti chatbot dan kanal bantuan daring. Pelanggan dapat mengakses layanan melalui XL Center, Galeri Smartfren, toko pulsa, serta berbagai mitra outlet lokal.
Kolaborasi dengan pemerintah daerah, institusi pendidikan, dan pelaku UMKM juga dijalankan melalui program pemberdayaan digital. Sejumlah kegiatan masyarakat seperti Smartfren Fun Run 5K dan Smartfren Festival Rakyat akan digelar di kota-kota terpilih di Sumatera.
XLSMART kini melayani lebih dari 94,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 29% dan proyeksi pendapatan proforma Rp45,8 triliun. Rajeev menyampaikan bahwa fokus perusahaan tetap pada pelanggan.
“Fokus kami tetap sama dan sangat jelas: pelanggan. Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani,” ujar Rajeev.
Perusahaan juga memperkenalkan identitas korporat baru dengan logogram Infinity World yang melambangkan konektivitas tanpa batas. Tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas” menjadi simbol dari semangat dan komitmen perusahaan yang baru.
“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital,” ujar Rajeev Sethi. “Logogram Infinity World mencerminkan keyakinan kami pada kemajuan tanpa batas. Bersama pelanggan, karyawan, dan mitra, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi.”